10+ Contoh Surat Rekomendasi

Contoh surat rekomendasi – Pada saat ini banyak kepentingan yang membutuhkan dokumen seperti surat. Baik itu kepentingan perorangan ataupun organisasi tentu kebutuhan surat memang menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Surat dibuat berdasarkan pada kepentingan dan tujuan dari sebuah kegiatan, rekomendasi, kepentingan dan lain sebagainya. Jenis jenis surat yang biasa digunakan pada saat ini memang banyak sekali.

Misalnya salah satu surat yang banyak digunakan adalah surat rekomendasi yang biasa digunakan untuk memberikan rekomendasi seseorang supaya melakukan sesuatu hal. Surat rekomendasi memang banyak sesuai kebutuhan, misalnya rekomendasi studi, melaksanakan tugas dan lain sebagainya sesuai kepentingan dan kebutuhan.

Rekomendasi yang diberikan tentu saja biasanya berasal dari orang yang memiliki jabatan atau kuasa yang lebih tinggi. Misalnya dari atasan nuntuk merekomendasikan bawahannya melakukan sebuah tugas pekerjaan atau lain sebagainya. Surat rekomendasi biasanya diterbitkan atas permintaan yang ingin direkomendasikan atau rekomendasi secara khusus dari pemberi rekomendasi untuk merekomendasikan orang tersebut.

Pada umumnya surat rekomendasi akan diterbitkan berdasarkan pada sebuah penilauan terhadap kapasitan dan kapabilitas dari kinerja pemohon. Setelah diputuskan maka si pemohon berhak menerima surat rekomendasi tersebut sebagai salah satu rujukan tertulis untuk melengkapi sebuah persyaratan atau kepentingan lainnya.

Surat rekomendasi yang umum diterbitkan biasanya meliputi surat rekomendasi untuk mendaftar sekolah, kuliah, melamar pekerjaan, beasiswa dan lainnya. Dengan adanya surat rekomendasi maka hal ini kan menjadi salah satu nilai plus untuk bahan pertimbangan dalam melakukan semua hal tersebut nantinya.

Struktur Surat Rekomendasi

Dalam membuat surat menyurat tentu saja memiliki sistem dan aturan tersendiri sebagai salah satu acuan dan batasan. Untuk membuat surat rekomendasi ini tidak begitu sulit dan bahkan terkesan sangat mudah sekali. Namun yang perlu diperhatikan bahwa surat ini merupakan surat resmi sehingga perlu memperhatikan kaidah dan aturan berlaku dalam pembuatannya.

Struktur dan bagian surat rekomendasi ada beberapa poin penting yang biasa terdapat didalam surat tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Kepala surat atau Kop surat

Surat resmi secara umum memang memiliki kepala surat atau kop  surat yang memuat Nama, alamat lengkap, jenis serta nomor surat. Semua jenis surat resmi secara umum pasti memiliki bagian kepala surat atau kop surat.

  1. Isi Surat

Untuk bagian isi surat rekomendasi ini ada 2 bagian penting yang dimuat didalamnya. Diantaranya yaitu sbeagai berikut:

  • Nama Pemberi Rekomendasi dan Yang Direkomendasikan

Dalam surat rekomendasi tentu saja isinya memuat pemberi rekomendasi dan yang direkomendasikan untuk sesuatu hal. Untuk data pemberi rekomendasi yang direkomendasikan sebaiknya lengkap dengan menyertakan nama lengkap, jabatan, instansi NIP dan lainnya yang perlu untuk dicantumkan dalam poin poin tersebut.

  • Isi Pokok Surat

Ini menjadi bagian penting dari surat rekomendasi yaitu isi surat berupa pernyataan rekomendasi untuk orang yang akan diberi rekomendasi. Dalam bagian ini tentu saja harus menjelaskan secara jelas dan sebenar benarnya mengenai orang yang akan direkomendasikan untuk melakukan suatu hal.

  1. Penutup Surat

Di bagian akhir sudah tentu ada bagian penutup surat seperti halnya surat lainnya. Penutup memang menjadi bagian surat resmi  yang berisi tanggal dibuat surat dan pemberi rekomendasi surat lengkap dengan jabatan serta perusahaan tempat kerja.

Langkah Langkah Dalam Membuat Surat Rekomendasi

Dalam membuat surat rekomendasi tentu saja ada beberapa poin dan langkah yang harus kamu cermati. Beberapa langkah tersebut yaitu sebagai berikut!

  1. Kualifikasi Yang Direkomendasikan

Salah satu tujuan membuat surat rekomendasi adalah memudahkan pihak ketiga yang dituju untuk melakukan seleksi sesuai kebutuhan. Baik itu sekolah, perusahaan ataupun instansi. Dalam hal ini kualifikasi memuat hal hal positif dari seseorang yang direkomendasikan dalam surat tersebut. Contohnya adalah prestasi, kemampuan, dan lain sebagainya. Dengan mencantumkan kualifikasi maka akan memberikan nilai lebih bagi yang direkomendasikan.

  1. Deskripsi Kedua Belah Pihak

Maksudnya adalah mengenai deksripsi dari pemberi rekomendasi dan yang direkomendasikan. Hal ini supaya surat rekomendasi bisa dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Dengan begitu maka akan bisa digunakan sebagaimana kebutuhan surat tersebut.

  1. Motivasi

Motivasi yang dimaksud lebih pada tujuan dari membuat surat rekomendasi tersebut. Tentu dalam hal ini harus di sebutkan secara jelas agar pihak penerima rekomendasi bisa menerima dengan mudah mengenai maksud adanya surat tersebut. Misalnya untuk melanjutkan study atau rekomendasi pekerjaan dan jabatan.

  1. Kemampuan Yang Dimiliki

Jika mencantumkan lebih banyak skill dan kelebihan diri dalam surat rekomendasi maka hal ini akan menjadi salah satu pertimbangan khusus. Dengan begitu yang direkomendasikan akan lebih mudah mendapatkan penilaian yang positif. Sebaiknya cantumkan skill dan kelebihan yang dimiliki lebih banyak.

Contoh Surat Rekomendasi Untuk Berbagai Keperluan

Surat rekomendasi dibuat untuk berbagai keperluan dari orang yang akan direkomendasikan. Tentu saja target dan tujuanya juga berbeda. Berikut contohnya!

#1 Contoh Surat Rekomendasi Untuk Penerima Beasiswa

Pemerintah Kabupaten Bogor
Dinas Pendidikan
Sma Negeri 1 Bogor
Jl. Gandasari No. 45 Telp. (0271) 94575856

Surat Rekomendasi Beasiswa
Nomor: 789/SMANB/X/2020

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Drs. Sumino
Jabatan : Kepala Sekolah
NIP : 9999076543

Dengan ini memberikan rekomendasi kepada :

Nama : Amelia Sinta
Kelas : XI
Alamat : Jl. Kancil No 54 Bogor
Nama Orang Tua : Juan Mule
Pekerjaan Orang Tuan : Wiraswasta
Alamat Orang Tua : Jl. Kancil No 54 Bogor

Yang adalah siswa SMA Negeri 1 Blimbingsari. Berdasarkan dari hasil evaluasi berlajar terakhir yang telah kami laksanakan, siswa yang bersangkutan mempunyai prestasi yang bagus. Berikut ini rincian prestasi akadamik dari siswa tersebut :

  1. Kelas X, semester I peringkat I
  2. Kelas X, semester II peringkat I

Berdasarkan prestasi yang diperoleh Amelia Sinta, saya selaku perwakilan sekolah menganggap siswa tersebut layak untuk memperoleh beasiswa. Maka, dengan surat ini, kami pihak sekolah memberikan rekomendasi agar siswa yang bersangkutan memperoleh beasiswa. Mohon menjadi pertimbangan untuk pihak terkait.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat sebenar-benarnya serta digunakan sebagaimana mestinya.

Bogor, 22 Januari 2020
Kepala Sekolah,

Drs. Sumino
NIP. 9999076543

#Contoh Surat Rekomendasi Kerja

PT AMAN SEJAHTERA SELAMANYA

Jalan Mahadewa No. 23 Depok

Telp (021) 999 998 Fax. (021) 888 333 email: ASS@gmail.com

Hal : Surat Rekomendasi
Nomor: 223/ HRD/ ASS/ 2020

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                      : Jaenudin Munhar

NIK                          : 18669544

Jabatan                   : Kepala Bagian Humas

Dalam hal ini bertindak atas nama PT AMAN SEJAHTERA SELAMANYA, memberikan rekomendasi kepada mantan karyawan (staff) kami:

Nama                     : Memen Durahmen

Alamat                   : Jalan Raya Aman Raya No. 23 RT/RW 002/003 Desa Jaya Indah Kecamatan Bagus Jaya Depok

Kepada perusahaan tempat Saudara Memen Durahmen nanti bekerja. Surat ini dibuat berdasarkan bagaimana kinerja, loyalitas, kualitas kerja, konsistensi, dan kedisiplinan yang bersangkutan di PT AMAN SEJAHTERA SELAMANYA. Bisa dijamin pengalaman dan kesan bekerjanya selama 5 tahun di perusahaan kami akan bisa menjadi bekal yang cukup di pekerjaan selanjutnya.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat untuk digunakan semestinya.

Depok, 20 Januari 2020

Hormat kami, Kepala Bagian Humas

Jaenudin Munhar

 

Nah, itulah sekilas mengenai surat rekomendasi dan contoh surat rekomendasi yang biasa digunakan untuk menjadi bahan pertimbangan dari pihak ketiga dalam mempertimbangkan orang yang direkomendasikan.

 

You May Also Like

About the Author: admin