Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri Dan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Pernahkah kamu mendengar istilah observasi? Observasi merupakan sebuah penelitian yang salah satu teknik dalam pengumpulan datanya digunakan untuk penelitian tertentu. Kegiatan ini termasuk salah satu contoh teks laporan hasil observasi. Apa itu teks laporan hasil observasi?

Teks observasi adalah teks yang menjelaskan tentang suatu informasi baik itu hewan, tanaman, fenomena alam, hasil karya manusia, ataupun fenomena sosial yang sesuai dengan fakta. Secara singkatnya teks laporan hasil observasi menjelaskan tentang hasil observasi secara sistematik dan objektif, sesuai dengan fakta dan kenyataan yang ada.

Dalam teks observasi akan mendeskripsikan bentuk, ciri, dan sifat umum dari suatu objek. Teks observasi memiliki perbedaan dengan teks laporan hasil penelitian biasa meskipun objek yang diteliti pada umumnya masih sama berupa hewan, tumbuhan, benda mati dan benda lain yang ada di lingkungan. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasan berikut mengenai struktur penulisan dan contohnya.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi mempunyai strukturnya tersendiri yang membedakan jenis teks ini dengan laporan-laporan yang lain. Struktur-struktur yang ada dalam teks laporan hasil observasi terdiri dari :

  • Pernyataan Umum

Pernyataan umum merupakan pembuka dari teks laporan hasil observasi. Pada bagian ini memberikan definisi atau informasi tentang hasil pengamatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

  • Paragraf

Pada bagian paragraf ini tersusun atas rincian informasi dari hasil obervasi yang sudah dikerjakan. Lebih detailnya lagi paragraf-paragraf tersebut berisi tentang urutan klasifikasi atau penggolongan mulai dari kelas besar sampai ke kelas paling kecil.

Struktur dalam teks laporan memang sangat simpel dan singkat sehingga dalam hal ini bisa kamu pahami dengan sangat mudah mengenai hal tersebut. Teks laporan atau observasi tentu saja disajikan secara jelasn dan detail.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi tidak sama dengan jenis teks yang lain. Yang membedakan teks laporan hasil observasi dengan jenis teks lainnya adalah ciri-ciri yang dimiliki, antara lain :

  1. Objektif – Laporan hasil observasi harus disusun berdasarkan keadaan objek amatan tanpa ada pengaruh atau pandangan pribadi dari si penyusun.
  2. Faktual – Laporan ini harus disusun berdasarkan kenyataan lapangan. Hal tersebut agar mudah diuji kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Sistematik – Laporan yang disusun harus secara beraturan dan teratur. Laporan ini harus sesuai dengan standar penulisan teks laporan hasil observasi itu sendiri.
  4. Ada objek – Objek dalam teks laporan hasil observasi bisa berupa hewan, tumbuhan, manusia, dan objek lain yang ada di lingkungan dan alam semesta.

Nah, itu beberapa ciri dan kriteria dari teks hasil observasi yang tentu penting sekali untuk dipahami agar bisa membuat teks laporan atau observasi sesuai dengan kaidah kaidah yang seharusnya dalam pembuatan teks tersebut.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sosial

SMP Padamulya Bandung yang tepat berlokasi di Jalan Macan No. 25 Bandung ini merupakan salah satu sekolah yang mempunyai kondisi lingkungan sehat serta bersih. Hal tersebut karena sekolah ini mempunyai 2 jenis lingkungan yaitu lingkungan hidup atau benda hidup yang disebut biotik dan lingkungan mati atau benda mati yang disebut dengan abiotik.

Lingkungan hidup di sekolah tersebut meliputi tanaman-tanaman hias serta pohon-pohon besar yang terawat dengan baik dan apik. Pohon-pohon tersebut berhasil menaungi lingkungan sekolah sehingga sekolah tersebut menjadi teduh dan sejuk. Sedangkan untuk lingkungan mati atau benda mati terdiri dari gedung sekolah, peralatan sekolah dan properti sekolah.

Lingkungan hidup disini pun dimulai dari halaman depan sekolah. Disana terdapat berbagai macam tanaman hias yang sangat indah untuk dipandang. Tanaman hias tersebut disimpan di beberapa tempat yang tersebar di lingkungan sekolah. Misalnya di depan ruang guru, di depan kelas, serta di ruang kepala sekolah.

Jenis tanaman yang ada di SMP Padamulya Bandung ini sangat beragam diantaranya adalah tanaman bougenville, bunga mawar, bunga lili, bunga asoka, bunga anggrek, bunga kembang sepatu, bunga amarilis, dan bunga kemuning. Semua jenis bunga tersebut dirawat dengan baik sehingga tertata dengan cantik. Baik di halaman sekolah maupun di dalam ruangan.

Sedangkan untuk jenis pohon besar yang ada di SMP Padamulya Bandung sendiri terdiri dari pohon bambu Jepang yang mempunyai ukuran kecil, pohon mangga, pohon beringin karet, pohon bambu kuning, pohon beringin, pohon cemara, pohon jeruk, dan masih banyak pohon yang lainnya. Yang uniknya lagi, di halaman belakang pekarangan kelas sendiri terdapat beberapa tanaman yakni singkong dan jagung.

Hasil dari kebun tersebut biasanya digunakan untuk keperluan penelitian biologi serta dikonsumsi bersama oleh para siswa dan guru. Untuk lingkungan benda matinya sendiri terdapat gedung sekolah yang terdiri dari ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas siswa, ruang tata usaha, perpustakaan, UKS, aula, koperasi, kantin, kamar mandi dan gudang.

Sedangkan untuk peralatan yang terdapat di sekolah tersebut antara lain meja dan kursi baik bagi para siswa maupun para guru, lemari buku, papan tulis, layar LCD proyektor, globe, alat-alat peraga untuk keperluan pelajaran biologi, serta peralatan lainnya yang mendukung pembelajaran. Selain itu terdapat juga peralatan olahraga seperti bola sepak, bola basket dan ringnya, bola voli dan jaringnya, bola tenis, jaring bulu tangkis, dan masih banyak lagi peralatan olahraga yang lainnya.

Di bagian lapangnya sendiri terdapat lapangan olahraga yang dapat digunakan untuk bermain voli, basket, sepak bola, lapangan upacara, serta lapangan khusus untuk tempat parkir kendaraan para siswa dan guru. Demikianlah hasil observasi dari lingkungan SMP Padamulya Bandung yang terdiri dari lingkungan benda hidup dan lingkungan benda mati.

Agar kedua jenis lingkungan tersebut dapat digunakan dengan baik, maka diperlukan kesadaran dari seluruh warga sekolah SMP Padamulya Bandung sendiri untuk merawat dan memelihara lingkungannya. Dengan begitu lingkungan sekolah akan tetap bersih, rapi, dan asri.

 

Itulah merupakan salah satu contoh dari teks atau contoh teks laporan hasil observasi di sebuah sekolah. Dalam laporan tersebut tentu saja dijelaskan secara detail mengenai hasil dari kajian observasi yang dilakukan. Dengan begitu maka bisa menjelaskan mengenai kondisi sekolas tersebut dengan gamblang.

Memuat laporan hasil observasi tentunya tidak lah sulit untuk dilakukan. Hal ini karena teks observasi ini sangat mudah dibuat terlebih lagi jika sebelumnya melakukan observasi terlebih dahulu maka akan lebih mudah untuk mendeskripsikannya.

Tentunya sebuah laporan akan lebih mudah apabila dibuat berdasarkan pada observasi yang dilakukan terlebih dahulu. Dengan begitu maka akan lebih mudah untuk menentukan alur pembuatan laporan dan hasil hasil yang berdasarkan pada observasi yang dilakukan tersebut. dengan begitu maka hasil laporan akan lebih baik dan lebih bisa menjelaskan hasil dan kejadian.

You May Also Like

About the Author: admin