Pengertian, Tujuan, Jenis Dan Contoh Teks Editorial

Teks editorial atau opini adalah artikel yang mempresentaskan pendapat sebuah surat kabar mengenai isu-isu tertentu. Dalam keseharian, kita bisa menemukan banyak contoh teks editorial apalagi surat kabar bukanlah barang yang langka. Seiring dengan perkembangan teknologi internet seperti sekarang, adanya teks editorial ibarat pengacara yang membangun argumentasi untuk mempengaruhi pikiran para pembaca.

Teks editorial secara umum memang lebih pada pendapat untuk isu isu yang sedang hangat. Dalam hal ini akan memberikan penjelasan dan dilengkapi dengan pendapat pendapat mengenai sebuah isu yang terjadi. Di bagian akhirnya tentu akan ada sebuah kesimpulan sebagai salah satu bentuk inti dari isu dan pendapat yang diberikan.

Tujuan Teks Editorial

Tujuan teks editorial adalah untuk mengajak pembaca ikut memikirkan mengenai isu yang tengah hangat dibicarakan di kalangan masyarakat. Sekaligus memberikan pandangan terhadap para pembaca mengenai masalah yang tengah berkembang.

Jenis Dan Contoh Teks Editorial

Ada beberapa jenis dan contoh teks editorial yang bisa dibedakan berdasarkan niat dari penulis dalam menuliskan artikel, diantaranya :

  1. Contoh Teks Editorial Penjelasan

Teks editorial jenis ini merupakan teks yang paling banyak digunakan. Di dalamnya berisi penjelasan mengenai masalah yang diangkat dan mengarahkan para pembaca untuk bisa menerima pemahaman penulis terhadap masalah tersebut.

Pembukaan

Pendidikan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia dan merupakan kunci dari kemajuan suatu bangsa. Semua orang pasti menyadari bahwa pendidikan yang berkualitas dapat meningkatkan peluang dalam menjadikan bangsa ini sejajar dengan negara-negara yang telah dicap maju. Akan tetapi, nyatanya kualitas pendidikan disini belumlah begitu bagus dibandingkan dengan negara lain.

Lembaga pendidikan mengupayakan banyak cara untuk mencetak lulusan yang berkualitas demi mengantisipasi terhadap perubahan dan tantangan yang kian sulit. Namun keberhasilannya juga dipengaruhi oleh berbagai kondisi.

Untuk mencapai keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan, perlu dilakukan beragam upaya secara sungguh-sungguh. Dan mencari solusi permasalahan yang mungkin nanti akan dihadapi.

Argumen 1 : Pendapat

Usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan sangatlah penting untuk menjawab tantangan globalisasi, kemajuan IPTEK, dan pergerakan masif para tenaga ahli. Lembaga pendidikan dituntut untuk bisa mencetak orang-orang terdidik yang berkualitas karena sengitnya persaingan antar bangsa. Sehingga memiliki keahlian dalam kompetensi profesional serta siap untuk menghadapi kompetisi global.

Argumen 2 : Pendapat

Pada era teknologi seperti sekarang ini, guru bukanlah satu-satunya sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Peran guru telah bergeser menjadi motivator, fasilitator, juga dinamisator. Keberadaan teknologi internet membuat banyak sumber yang bisa dijadikan sebagai materi pembelajaran.

Kesimpulan

Dalam kondisi seperti inilah, peran guru sebagai pendidik terasa sangat besar dan tak tergantikan. Karenanya perlu melakukan peran secara lebih efektif, sehingga diperlukan peningkatan langkah dan usaha yang jelas serta tepat sasaran.

Beberapa usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan menjadi tantangan besar yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan harus segera diselesaikan.

  1. Contoh Teks Editorial Kritik

Teks editorial ini merupakan jenis teks yang menyampaikan kritik terhadap sebuah fenomena yang marak terjadi di tengah masyarakat. Namun tidak hanya kritik semata, melainkan mencoba untuk memberikan solusi meskipun solusi tersebut bukan apa yang ingin tersampaikan kepada para pembaca.

Pembukaan

Zaman sekarang banyak hal yang memalukan yang terjadi di negara ini seperti korupsi, suap, dan sebagainya. Anehnya, pelaku kejahatan tersebut adalah orang pintar yang namanya berekor gelar dari universitas terkenal.

Memandang fenomena yang terjadi, agaknya ada yang salah dengan pola pendidikan formal disini dan harusnya sudah ada kajian ulang. Pola pendidikan terlalu menekankan pada ilmu duniawi semata. Yang menghasilkan orang pintar, namun tidak terdidik ataupun memiliki budi pekerti baik.

Argumen 1 : Pendapat

Akibatnya orang pintar justru menjadi jahat, bersikap seperti maling, menindas kaum lemah. Padahal harusnya merekalah yang menjadi penolong dan pemimpin yang dapat memberikan manfaat bagi umat.

Argumen 2 : Fakta

Banyak yang terhormat di negara ini yang tertangkap basah melakukan tindak korupsi atau penyuapan. Bahkan mereka yang bergelar pendidikan tinggi dan mengaku sebagai alim ulama, tetapi bertindak memalukan dan merugikan sesama.

Argumen 3 : Fakta

Bahkan banyak yang melakukan kejahatan ini secara berjamaah, bersama dengan teman sejawat yang katanya juga terhormat. Mirisnya, kala ditangkap oleh pihak berwajib, tetap saja memasang wajah tanpa dosa dan sanggup menebar senyum. Seolah tak memiliki rasa bersalah dan justru senang dengan apa yang telah diperbuat.

Argumen 4 : Sindiran

Apa mereka tidak tahu dan tak ada yang pernah mengajari bahwa memakan uang yang bukan haknya adalah perbuatan dosa dan haram hukumnya?

Kesimpulan

Memang mereka sudah kehilangan akal dan tak lagi memiliki urat malu. Karenanya sangat perlu untuk memperbaiki sistem pendidikan formal yang tak hanya mementingkan hasil. Melainkan juga proses agar dapat mencetak generasi yang cerdas dan berakhlak baik.

  1. Contoh Teks Editorial Persuasi

Teks editorial persuasi ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar setuju dengan opini yang disampaikan dalam artikel.

Pembukaan

Beberapa bulan lagi Ujian Nasional akan dilaksanakan dari tingkat SD hingga SMA. Dan Kemendikbud menambah satu aturan baru, yakni pelaksanaan Ujian Nasional secara online di beberapa sekolah. Dilihat dari keadaan dan situasi di lapangan pada saat ini, rencana ini rasanya belum tepat dan perlu dipertimbangkan kembali. Karena masalah mendasar seperti belum meratanya tingkat pengadaan sarana dan prasarana serta kurangnya tenaga ahli di beberapa sekolah. Khususnya mereka yang tinggal jauh dari ibu kota.

Argumen 1 : Fakta

Meskipun niat yang mendasari adalah baik, ketidaksiapan daerah menjadi kendala. Jika pelaksanaan Ujian Nasional Online tetap diselenggarakan, beberapa sekolah akan mengalami kesulitan. Dikarenakan kurangnya sarana komputer serta belum optimalnya jaringan prasarana yang memadai seperti akses internet dan listrik.

Argumen 2 : Pendapat

Bayangkan saja jika sebuah sekolah memiliki 250 siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional maka berapa jumlah komputer yang dibutuhkan? Tentunya bukan jumlah yang sedikit. Solusi termudahnya adalah menggunakan komputer secara bergiliran. Padahal hal ini rentan terhadap munculnya kecurangan dalam Ujian Nasional.

Kesimpulan

Sudah semestinya bila pemerintah ingin melaksanakan Ujian Nasional secara online, pemerintah harus menjamin ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung. Serta tidak perlu terburu-buru untuk mewujudkan pelaksanaan program ini.

 

Demikian itulah mengenai pengertian, tujuan dan contoh dari teks editorial yang secara umum banyak digunakan untuk menanggapi sebuah isu dengan dilengkapi dengan pendapat dan argumen argumen penting untuk menghasilkan sebuah kesimpulan dari isu tersebut. Dengan dilengkapi kesimpulan maka akan ada inti solusi dari semua itu.

Nah, sudah paham mengenai contoh teks editorial yang secara umum banyak digunakan sebagai salah satu tanggapan yang berisi pendapat dan kesimpulan di bagian akhirnya.

You May Also Like

About the Author: admin