San Diego Hills, Tempat Pemakaman Hari Sabarno

Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada masa Megawati Soekarnoputri menjabat, Hari Sabarno meninggal dunia pada usia 74 tahun. Menteri dimakamkan di kompleks pemakaman di Karawang, Jawa Barat, San Diego Hills.

Mengenal Hari Sabarno

Jenderal TNI Hari Sabarno, S.I.P., M.M. adalah seorang perwira Tentara Nasional Indonesia dan juga termasuk ke dalam Kabinet Gotong Royong sebagai Menteri Dalam Negeri. Ia lahir pada tanggal 12 Agustus 1944 di Surakarta, Jawa Tengah, dan meninggal di Jakarta pada tanggal 31 Mei 2019 pada usia 74 tahun.

Ia menyelesaikan studinya di Akademi Militer Magelang dan lulus pada tahun 1967. Pada 12 Maret 2004, Megawati Soekarnoputri mengangkat Hari Sabarno sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan menggantikan Susilo Bambang Yudhoyo yang mundur dari jabatan tersebut.

Di kabinet Gotong Royong, Hari Sabarno menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri, sebelumnya menjabat sebagai Ketua Fraksi ABRI di DPR tahun 1997 sampai 1999 dan 1999 sampai 2004. Pada tahun 2004, Hari Sabarno menerima promosi kenaikan pangkat sebagai kehormatan dari Letnan Jenderal menjadi Jenderal bersamaan dengan A.M Hendropriyono.

Pemakaman Hari Sabarno di San Diego Hills

Hari Sabarno dimakamkan di San Diego Hill Memorial Park and Funeral Homes. San Diego Hills adalah pemakaman elit dan mewah yang didedikasikan untuk para masyarakat kelas atas dan tokoh nasional. Tempat pemakaman ini merupakan properti milik Lippo Land Club yang berdiri sejak tahun 2007. Tempat pemakaman ini dibangun dengan memadukan konsep Forest Lawn yang elegan dengan budaya Indonesia.

Desain arsitektur San Diego Hill diambil dari berbagai suku dan agama yang ada di Indonesia, mulai dari Islam, Budha, Kristen hingga Katolik. Jadi apapun agama yang dianutnya, setiap orang bisa membeli lahan makam di San Diego Hill. Desain arsitektur yang diberikan pun memiliki nuansa dan aturan sesuai agama masing-masing untuk desain arsitektur pemakaman.

Jenis tipe lahan makam di San Diego Hills dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang pertama adalah single burial yang dibangun khusus untuk satu orang, batu nisan diletakkan di atas tanah tanpa bangunan. Untuk tipe semi private merupakan tipe pemakaman untuk dua orang dengan tembok di belakangnya dan pagar tanaman sebagai pembatas. Semi private lebih sering dipesan oleh pasangan.

Memang umumnya orang hanya membeli lahan makam untuk 1 atau 2 orang saja namun, San Diego Hills ternyata juga menyediakan tipe lahan untuk lebih dari 4 orang hingga lebih dari 10 orang. Tipe makam ini memang diperuntukkan bagi yang ingin membeli lahan makam untuk keluarga besar.

Lahan makam di San Diego Hills sudah memiliki bangunan yang dibangun, beberapa bahkan sudah dilengkapi dengan bangku. Namun di tipe tertentu yang menyediakan lahan makam yang luas, pemilik lahan dapat membangun bangunan atau bahkan menempatkan tambahan kursi atau bunga di area lahan makam. Tentu hal ini juga harus mendapatkan persetujuan dari pihak San Diego Hills terlebih dahulu.

Di komplek San Diego Hills bukan hanya menawarkan lahan makam saja namun juga berbagai fasilitas keluarga yang lengkap untuk mendukung kenyamanan bagi keluarga yang datang berziarah. Ini juga yang menjadi pertimbangan mereka yang membeli lahan makam ini. Apalagi lingkungannya yang hijau dan asri serta keamanan penuh selama 24 jam membuat lahan pemakaman ini tidak seperti tempat pemakaman pada umumnya.

You May Also Like

About the Author: admin